Kursus Web hosting #3: Memasang Sertifikat SSL serta enable force Https redirect pada cPanel

Gunakan sertifikat SSL yang valid serta enable force https redirect supaya website kamu jadi lebih aman dan terlihat profesional.

Setelah pada part sebelumnya membahas tentang Upload file website ke hosting menggunakan file manager, kali ini saya akan melanjutkan lagi projects kursus web hosting, yaitu tentang cara memasang sertifikat SSL serta enable force https redirect pad cPanel.

Untuk melakukan cara ini pastikan hosting yang anda gunakan sudah include ssl, yang biasanya tertera pada pricing card saat memilih jenis hosting yang akan di beli, atau anda bisa tanyakan ke staff support nya langsung.

Apa itu force https redirect?

Enable force https redirect adalah sebuah fitur yang tersedia pada control panel web hosting di cPanel, yang berguna untuk melakukan redirect atau pengalihan secara otomatis dari http:// ke https://, tetapi dengan syarat sebuah website harus terpasang ssl, jika tidak, akan ada kemungkinan website tidak dapat di akses.

Apa itu sertifikat SSL?

Singkatnya sertifikat ssl adalah sebuah sertifikat khusus untuk memberitahu browser bahwa website ini adalah website yang aman, jika sertifikatnya valid akan di tandai dengan ikon gembok pada setiap bar navigasi browser.

Manfa'at menggunakan sertifikat SSL

Ada banyak manfa'at jika sebuah website menggunakan sertifikat ssl, salah satunya adalah kepercayaan. Browser serta pengunjung akan percaya bahwa website ini benar-benar aman, hal ini juga berpengaruh terhadap kenyamanan berinternet.

Bagaimana jika sebuah website tidak menggunakan sertifikat SSL?

Jika sebuah website tidak menggunakan sertifikat ssl ada kemungkinan pengunjung enggan untuk datang juga mereka akan menjadi kurang nyaman dan resah.

Bahkan bisa juga sebuah website akan di berikan peringatan oleh browser kepada pengunjung yang akan datang, apakah ia benar-benar ingin mengunjungi website ini, dengan di tandai ikon peringatan di bar navigasi browser.

Cara memasang sertifikat SSL

Cara ini saya khusus kan hanya untuk control panel cPanel saja, karena saya tidak memiliki hosting dengan control panel lain, jadi saya kurang tahu fitur yang ada di dalamnya.

  1. Login ke cPanel anda
  2. Pada kolom pencarian ketik "ssl"
  3. Tap pada menu SSL/TLS Status
  4. Tap tombol Auto SSL
    Tap Auto SSL
  5. Tunggu proses hingga selesai.

Untuk melakukan check apakah ssl nya berhasil bekerja atau tidak, akses website anda dengan awalan https://, contoh: https://nama-domain.com, jika terdapat ikon gembok berarti sertifikat sudah anda pasang dan valid.

Cara enable force https redirect

Pada umumnya setiap pengguna browser saya yakin akan mengetikkan nama domain saja pada pencarian browser seperti: nama-domain.com, tanpa menggunakan http:// atau https://. 

Nah, jika penulisannya seperti itu maka secara otomatis akan mengakses website dengan awalan http://nama-domain.com, sementara ssl sendiri akan bekerja pada url dengan awalan https://.

Maka enable force https redirect sangat di perlukan di sini, untuk mengalihkan pengguna secara otomatis ke awalan url https://, seperti yang sudah saya jelaskan di sebelumnya.

  1. Silahkan anda kembali ke halaman utama cPanel
  2. Pada kolom pencarian ketik "Domains"
  3. Tap menu bertuliskan Domains
  4. Tap centang pada domain yang ingin anda lakukan force https redirect
    Tap Auto SSL
  5. Tap Enable Force HTTPS Redirect.

Untuk melakukan pengecekan lagi, silahkan anda akses website anda dengan url awalan http://, contoh http://nama-domain.com.

jika terdapat ikon gembok pada navigasi bar browser, itu berarti anda telah berhasil mengaktifkan sertifikat SSL serta melakukan enable force https redirect.
Baca juga :