Kursus Web hosting #2: Upload file website ke hosting menggunakan file manager

Siapkan website dengan Upload file website ke hosting menggunakan file manager, Berikut adalah caranya.

Kembali lagi pada edisi projects khusus kursus web hosting, kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara upload file website ke hosting menggunakan file manager. Setelah sebelumnya kita membahas tentang bagaimana cara membeli hosting, domain serta menghubungkan keduanya.

Sebuah website akan kosong jika tidak ada isinya, tentu hal ini dapat memicu website anda menjadi tidak berguna serta kurang menarik, dan inilah kegunaan tutorial ini, yaitu mengisi sebuah website, dengan file website.

Untuk mengisi sebuah website itu tergantung dari file yang akan di upload, file website jenis apakah yang ingin anda upload, blog kah? atau sebuah portofolio saja, jadi ya.. tergantung file website kalian. Atau kalian juga bisa mendapatkan file website seperti template di google atau media lainnya, ada yang gratis ada juga yang berbayar.

Apa itu file manager dan apa kegunaannya?

Fitur file manager pada sebuah control panel (hampir semua control panel web hosting memiliki fitur file manager ini) berguna untuk mengelola file website (hampir sama dengan file manager di handphone ataupun komputer) seperti upload file website, memindahkan file website, hapus, ekstrak dan lain sebagainya.

Pada tutorial ini saya akan menjelaskan nya di control panel hosting paling populer yaitu cPanel. Bagi anda yang control panel nya bukan cPanel, anda juga bisa mengikuti tutorial ini, karena caranya sama saja, anda hanya perlu menyesuaikan.

Apa saja yang perlu di siapkan untuk upload file website?

Ada beberapa hal yang perlu di siapkan untuk dapat upload file website ke file manager, diantaranya adalah :

1. File website

Hal ini tentu menjadi hal yang wajib anda miliki, seperti yang saya tuliskan di atas anda dapat mendapatkan file website dari beberapa media, salah satunya adalah google, anda tinggal mengetikkan kata kunci "template html" atau yang lainnya sesuai dengan jenis website apa yang ingin anda buat.

2. Akses login ke Control panel

Pastikan anda dapat login ke Control panel web hosting anda baik itu cPanel, Vesta Panel atau yang lainnya, supaya dapat mengakses fitur file manager.

Cara upload file website ke hosting

Sekarang masuk ke inti pembahasan, setelah semuanya di rasa sudah siap, silahkan anda lanjutkan mengikuti tahapan-tahapan berikut :

  1. Setelah login ke Control panel web hosting anda, cari dan tap menu File manager
  2. Jika sudah berada pada halaman file manager, silahkan tap direktori Public_html

    Public_html adalah lokasi pada domain utama anda, tetapi jika anda menggunakan subdomain, silahkan tap pada direktori bertuliskan nama subdomain.
  3. Tap tombol Upload, yang berada pada atas layar
  4. Maka akan terbuka tab baru, silahkan tap Select file
  5. Pilih file yang ingin anda upload
  6. Tunggu proses upload, hingga progress bar berubah warna menjadi hijau

    Jika file yang anda upload ber ekstensi .zip, anda dapat mengekstraknya dengan mudah, cukup pilih file .zip kemudian tap tombol Ekstrak.

Sampai di sini anda telah berhasil melakukan upload file website ke website anda, silahkan lakukan pengecekan dengan mengetikkan url nama domain anda yang telah di isikan file website tadi.
Baca juga :